Minggu, 08 Mei 2016

Tingkatan Organisasi Organisme

Ada suatu benda. Benda tersebut disusun oleh partikel - partikel yang sama. Partikel - partikel tersebut tersusun atas beberapa molekul. Molekul disusun oleh senyawa atau unsur. Unsur dan senyawa disusun oleh atom, dan atom disusun oleh proton, neutron, dan elektron. Dari sini, dapat kita simpulkan bahwa suatu benda disusun oleh sesuatu yang lebih kecil. Benar?

Sama seperti benda, suatu organisme juga tersusun dari sesuatu yang lebih kecil. Sesuatu yang lebih kecil tersebut membentuk tingkatan sendiri. Sehingga dalam biologi, ada yang disebut tingkatan organisasi organisme.

Terdapat 5 tingkatan organisasi organisme. Berikut adalah penjelasannya mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar :

1.   Sel


Sel pada Manusia
Sel pada Manusia
Sel merupakan materi penyusun makhluk hidup yang paling sederhana. Sebuah sel terdiri dari membran sel, sitoplasma beserta organel sel, dan inti sel. Sel menyusun segala yang ada dalam makhluk hidup. Mulai dari jantung, hati, otak, tulang, saraf, dsb. . Oleh karena itu sel dianggap sebagai dasar penyusun suatu makhluk hidup.

Kalian bisa mengenal sel lebih dekat dalam artikel ini : Mengenal Bagian dan Organel Sel

2.   Jaringan


Jaringan Adiposa atau Lemak
Jaringan Adiposa atau Lemak
Maju 1 tingkat diatas sel, kini ada jaringan. Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Dengan kata lain, jaringan dibentuk dengan sel yang telah terspesialisasi baik dari ukuran dan fungsi. Contoh jaringan yang ada dalam manusia adalah jaringan darah, jaringan saraf, jaringan limfa, jaringan adiposa (lemak), dll. .

3.   Organ


Organ Hati
Organ Hati
Dalam ilmu biologi, organ diartikan sebagai kumpulan jaringan yang bekerja sama melakukan suatu tugas tertentu. Jadi, dalam suatu organ bisa terdapat beberapa jaringan. Contohnya organ hati. Organ hati tersusun dari jaringan otot, saraf, ikat, darah, limfa, dan lemak. Semua jaringan ini membentuk hati dan bekerja sama untuk menawarkan racun yang ada dalam tubuh.


4.   Sistem Organ

Sistem Pencernaan Manusia
Sistem Pencernaan Manusia
Lain dengan organ, sistem organ lebih kompleks daripada organ. Sistem organ sendiri merupakan kumpulan organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi hidup tertentu. Contohnya sistem transportasi pada manusia. Sistem transportasi terdiri dari beberapa organ, yaitu jantung, pembuluh darah, darah, dan getah bening. Sistem ini berfungsi untuk mengangkut dan mendistribusikan zat yang ada di dalam tubuh.


5.   Organisme

Makhluk Hidup : Burung Beo
Organisme : Burung Beo
Akhirnya sampai pada finalnya yaitu organisme. Organisme tersusun atas beberapa sistem organ yang melakukan fungsinya bersama - sama. Sistem organ tersebut akhirnya membentuk suatu kehidupan. Contohnya sangat sederhana, yaitu semua yang membaca artikel ini. Benar begitu?


Ok, sampai disini dulu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca. Tunggu artikel saya selanjutnya ya! Bye!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar