Kamis, 07 April 2016

Molekul Unsur dan Senyawa Kimia

Lihatlah di sekeliling kita. Mata kita memandang banyak sekali benda. Semua benda tersebut mempunyai ciri - ciri yang berbeda. Ciri - ciri tersebut ditentukan oleh sesuatu yang menyusunnya.

Setiap benda mempunyai sesuatu yang menyusun hingga sedemikian rupa. Sesuatu yang menyusun tersebut adalah zat. Setiap zat di bumi mempunyai karakteristik yang berbeda - beda. Contohnya air, air tidak sama dengan kaca bukan? Lantas apa yang membuat setiap zat berbeda?

Zat - zat tersebut tersusun oleh atom - atom yang membentuk satu kesatuan yang dinamakan molekul. Ada 2 jenis molekul, yaitu unsur dan senyawa. Nah, kedua molekul inilah yang akan kita bahas. Penasaran seperti apa bedanya? Mari kita simak berikut ini :


Contoh Unsur Kimia : Merkuri
Salah satu unsur : Merkuri


1.     Unsur
        Unsur merupakan zat kimia terkecil. Unsur tidak bisa dibagi menjadi zat yang lebih kecil lagi hanya dengan metode kimia umum. Zat ini tersusun dari 1 atau banyak atom yang sama. Contohnya seperti oksigen, hidrogen, natrium, neon, karbon, dll. .Sejauh ini, telah ditemukan 118 unsur di dunia ini.

Susunan Atom Oksigen
Atom Oksigen
     

        Yang membuat setiap unsur berbeda adalah jumlah proton dan elektron pada atomnya. Misalnya yaitu oksigen mempunyai proton sebanyak 8 buah dan natrium mempunyai 11 proton. Jumlah elektron memberikan sifat yang berbeda sesuai dengan jumlahnya. Misalnya oksigen dengan 8 elektron termasuk golongan Khalkogen sementara natrium dengan 11 elektron termasuk golongan Alkali.


Contoh Senyawa Kimia : Air
Air merupakan salah satu senyawa


2.     Senyawa
        Senyawa merupakan zat kimia yang berasal dari 2 unsur atau bahkan lebih. Dapat dipecah menjadi unsur dengan reaksi kimia. Unsur yang membentuk senyawa tidak asal membentuk senyawa yang diinginkan. Untuk membentuk senyawa, dibutuhkan perbandingan atom dalam setiap unsur dengan jumlah yang tepat. Tentu perbandingan tersebut bukan dibentuk manusia.

        Hebatnya lagi, jika 2 atau lebih unsur bergabung, maka akan membentuk senyawa yang sifatnya jauh berbeda dari sifat unsur yang menyusunnya. Contohnya adalah NaCl (Natrium Klorida), kalau anda bingung apa senyawa tersebut, kita bisa memanggilnya "Garam Dapur". Garam dapur terdiri dari 2 unsur yaitu Natrium dan Klorin. Natrium berwujud logam lunak yang dapat meledak jika bereaksi dengan air. Kemudian Klorin berwujud gas bewarna hijau, gas klorin bersifat sangat beracun dan reaktif. Keduanya bercampur membentuk garam dapur yang tidak beracun, bewarna putih padat, keras, dan tentunya tidak meledak kalau bereaksi dengan air.


Contoh Pembentukan Senyawa
2 Unsur Garam Dapur

Nah, itulah penjelasan tentang molekul unsur dan senyawa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca.
         
        



        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar