Kamis, 21 April 2016

Pengertian Gaya dalam Fisika

Apa kabar para pecinta sains ! Kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang gaya. Lebih tepatnya lagi, yaitu pengertian gaya dalam ilmu fisika. Simak berikut ini !

Pengertian Gaya
Ilustrasi Gaya
Secara umum, gaya diartikan sebagai tarikan dan dorongan. Namun, secara lebih spesifik, gaya dartikan sebagai segala interaksi yang menyebabkan perubahan pada benda yang memiliki massa. Perubahan yang dimaksud adalah gerak, arah, dan bentuk. Semakin besar gaya yang diberikan, maka semakin besar pula perubahan yang terjadi.

Dalam fisika, gaya dilambangkan dengan lambang F (Force). Gaya mempunyai besaran dan arah, sehingga gaya merupakan besaran vektor. Satuan Internasional (SI) yang dipakai adalah N (Newton) atau kg m/s2.

Sebenarnya, terdapat banyak sekali gaya yang ada di dunia ini. Yang jarang kita ketahui, yaitu ternyata semua gaya berdasarkan pada 3 jenis gaya saja. 3 jenis gaya tersebut adalah :

1.   Gaya Elektromagnetik
Gaya elektromagnetik merupakan gaya yang dihasilkan dari partikel bermuatan listrik. Gaya ini menjaga proton dan elektron tetap dalam suatu atom. Tidak hanya itu, molekul tersusun oleh atom dikarenakan adanya gaya ini.

2.   Gaya Gravitasi
Yang satu ini sudah tidak asing bagi kita. Namun, gaya yang dimaksud adalah gaya yang terdapat pada semua partikel bermassa. Gaya gravitasi menyebabkan partikel bermassa saling tarik menarik. Gaya ini dapat berupa gaya yang sangat besar.

3.   Gaya Nuklir
Gaya Nuklir yang dimaksud bukan nuklir yang ada di PLTN, apalagi bom. Gaya nuklir yang dimaksud adalah gaya yang terdapat pada 2 / lebih elektron. Gaya ini menyebabkan proton dan neutron terikat menjadi inti atom. Hanya saja, gaya ini terdapat dalam jarak yang sangat dekat.

Sekian dulu pembahasan seputar pengertian dari gaya dalam ilmu fisika. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar