Sabtu, 02 April 2016

Mengetahui Proses Terjadinya Petir

Siapa sih yang tidak tahu apa itu petir? Pasti semua akan berpikir bahwa petir adalah listrik yang menyambar ke bumi. Tidak sedikit orang yang takut salah satu fenomena alam ini. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud petir? Mengapa banyak orang takut akan petir?

Proses Terjadinya Petir
Petir menyambar di Kota Sydney

Petir adalah suatu fenomena alam dimana awan melepaskan muatan listrik yang sangat besar menuju bumi. Energi yang dihasilkan oleh petir tidak hanya energi listrik saja. Petir juga menghasilkan suara yang sangat keras yang biasa kita sebut guntur, gluduk, dll. .Selain itu, petir juga menghasilkan panas dengan suhu yang sangat tinggi hingga mencapai 20.000° Celcius. Dan tentunya, kilatan cahaya yang membuat kita merinding.

Begitu besarnya energi yang dihasilkan, sehingga petir banyak diteliti oleh ilmuwan. Bayangkan saja, suhu petir yang mencapai 20.000° C saja sudah melebihi suhu permukaan matahari yang hanya mencapai 6.000° C. Tegangan yang dihasilkan juga sangat besar, yaitu mencapai 120 juta Volt. Dan energi yang dihasilkan sebuah petir adalah 1.000 Gigawatt, cukup untuk menyalakan sebuah lampu 100 Watt selama 3 bulan.

Namun sebenarnya, apa sih yang membentuk petir? Apakah yang dapat menghasilkan energi yang sangat besar itu? Untuk memahaminya, simak berikut ini!



Petir terbentuk jika ada perbedaan potensial antara tanah/awan lain. Karena awan bergerak secara teratur dan terus menerus, maka muatan positif (proton) dan negatif (elektron) akan berkumpul menjadi satu. Kumpulan tersebut menempati salah satu sisi awan (atas/bawah) secara berkebalikan.  Biasanya, awan bagian bawah bermuatan negatif dan awan bagian atas bermuatan positif, sementara tanah bermuatan netral.

Ketika perbedaan potensial bumi dan tanah sudah cukup besar, maka awan akan melepaskan elektronnya ke tanah. Pelepasan tersebut membentuk petir yang menyambar bumi. Kemudian, arus listrik pada petir dinetralkan oleh tanah.

Proses Terjadinya Petir

Jadi, kalau begitu apakah setiap elektron di awan bebas bergerak menuju tanah untuk penetralan? Tentu saja tidak. Untuk menuju tanah, elektron melalui medium udara yang bersifat isolator. Sehingga, membutuhkan elektron yang sangat banyak dan berarti energi yang sangat besar untuk menembus batas isolator udara. Maka tidak mengherankan jika petir menghasilkan energi yang luar biasa.


Petir memang menakjubkan. Walaupun terkesan menyeramkan, petir tetap menjadi fenomena alam yang luar biasa.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar